Tujuh Dosen Unnes Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan

whatsapp_image_2019-08-15_at_09.34.22

Literasi keuangan adalah hal yang penting untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan keuangan bagi UMKM. Disisi yang lain, Indonesia terutama di Jawa Tengah masih membutuhkan literasi keuangan, agar para pedagang dapat memanfaatkan akses keuangan dengan baik.

Menyadari akan hal itu, tim pengabdian kepada masyarakat dari Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang terdiri atas tujuh dosen, yakni Arief Yulianto, Vini Wiratno Putri, Rini Setyo Widiastuti, Moh Khoiruddin, Andhi Wijayanto, Krisbrantas Abripayu dan Bayu Wiratama telah melaksanan sosialisasi literasi keuangan yang dapat diaplikasikan oleh kalangan UMKM.

Sosialisasi dilakukan dengan melibatkan pelaku UMKM di Temanggung yang terdiri atas petani kopi, makanan ringan dan industri rumah tangga di bidang kuliner. Pelaku UMKM memerlukan literasi keuangan agar dari sisi finansial dapat menjalankan bisnis secara berkelanjutan.

 

Ketika pelaksanaan sosialisasi para peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan. Peserta nampak beberapa kali terlibat interaksi dengan pemateri yang menyampaikan literasi di bidang keuangan. Para peserta menyampaikan terdapat beberapa permasalahan yang saat ini dialami oleh para pelaku usaha, yakni masih terbatasanya pencatatan keuangan.

Pelaku usaha merasa bahwa untuk kegiatan sehari-hari ketika berbisnis cukup menyita waktu sehingga untuk mengumpulkan nota pembayaran maupun mencatat dalam buku harian atau aplikasi masih mengalami hambatan.

Kegiatan-kegiatan ini dirasa penting untuk membantu para pelaku UMKM untuk menyadarkan bahwa pencatatan keuangan memiliki cukup banyak manfaat. Peran universitas perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kemampuan dan kapabilitas UMKM sehingga taraf hidup masyarakat dapat meningkat.

telah dimuat di https://m.ayosemarang.com/read/2019/08/15/42179/tujuh-dosen-unnes-gelar-sosialisasi-literasi-keuangan