Lewat Pengabdian Masyarakat, Dosen Manajemen FE Unnes menawarkan strategi E-Marketing dan E-Transaksi pada UMKM

dokumentasi

Semarang-Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang melakukan kegiatan pengabdian dengan memanfaatkan teknologi menggunakan Aplikasi Zoom pada hari Rabu (09/09/2020). Hal ini dilakukan karena adanya pandemic Covid 19 yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung oleh peserta pelatihan. Dalam kegiatan ini Dosen dan dibantu mahasiswa melakukan pelatihan dan sosialisasi mengenai pemasaran produk dengan memanfaatkan Teknologi serta proses transaksi pembayaran elektronik. Peserta berasal dari perkumpulan pengusaha pasar muslim yang berada di Kec. Gunungpati Kota Semarang

Kegiatan ini diinisiasi oleh beberapa dosen dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unnes, yakni Dr. Wahyono, MM, Dr. Murwatiningsih, MM, Endang Sutrasmawati, SH., SE., MM, Sri Wartini, SE., MM, Bayu Wiratama, SE., MM, Kris Brantas Abiprayu, SE., MSc, Endah Prapti Lestari, SE., MM, Ida Maftukhah, SE., MM, Made Virma Permana, SE., MM, Widya Prananta, S.ST., MM, dan Angga Pandu Wijaya, SE., MSc.

“Saat ini pemasaran hanya dari mulut ke mulut dan transaksi pembayaran dilakukan secara manual saja, sehingga kami tim pengabdi melakukan pendampingan untuk melakukan sosialisasi pemasaran produk dan mewujudkan Cashless Society sehingga masyarkat Indonesia dan masyarkat mancanegara mengetahui akan keberadaan UMKM Pasar Muslim di Kec.Gunung pati ini dan proses pembayarannya jadi lebih mudah” Kata salah satu tim pengabdi Angga Pandu Wijaya, Msc.

Di dalam pelatihan Penerapan strategi E-Marketing dan E-Transaksi juga dipaparkan materi mengenai Visual Branding yang disampaikan oleh Dr Rahina Nugrahani, S.Sn., M.Ds selaku dosen dan praktisi desain komunikasi Visual Universitas Negeri Semarang. Acara ini berlangsung sangat menarik yang di moderatori oleh Dr. Murwatiningsih, M.M selaku dosen Manajemen Pemasaran FE Unnes yang sangat peduli pada kajian pentingnya inovasi produk UMKM lokal. Peserta tampak beberapa kali terlibat interaksi dengan pemateri. Dr Rahina Nugrahani, S.Sn., M.Ds menyampaikan selain proses pemasaran yang baik, Visualisasi produk juga perlu dibangun agar produk memiliki “Value” dan semakin menarik konsumen sehingga dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Di dalam pelatihan ini juga membagikan modul/tutorial penerapan E-Marketing dan E-Transaksi yang dikirim ke peserta pelatihan.