Tim Pengabdian Jurusan Manajemen Ajak Warga Menerapkan Perilaku Hijau Ramah Lingkungan

oioi Tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Siti Ridloah, S.E., M.Mgmt; Nury Ariani, S.E., M.Sc dan Desti Ranihusna, S.E., M.M telah melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian yang berjudul “Upaya Membumikan Perilaku Hijau Masyarakat Menuju “Zero Waste Society” pada tanggal 21-25 september 2020. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu dawis di kelurahan kalisegoro dan kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati Semarang secara daring karena masih dalam masa pandemi.

indexKegiatan ini diawali dengan kelas sosialisasi dan edukasi ringan mengenai perilaku ramah lingkungan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian masyarakat sasaran diminta untuk mempraktekkan perilaku hijau yang bisa dipraktikkan mulai dari hal kecil, dari diri sendiri dan dari saat ini. Tim pengabdi juga memberikan materi mengenai pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang berguna serta pemilahan sampah rumah tangga. Tak lupa juga tim pengabdian membagikan souvenir starter kit untuk praktik perilaku hijau seperti tas belanja ramah lingkingan dan botol minum yang bisa digunakan berulang. Ternyata antusiasme warga sangat tinggi terlihat dari diskusi group. Dalam diskusi group masyarakat memberikan contoh kegiatan-kegiatan yang telah mereka lalukan dalam menerapkan green life style, pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna serta sharing mengenai pemilahan sampah rumah tangga. Acara diakhiri dengan evaluasi dan pengisian kuesioner mengenai green life style.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu membumikan perilaku hijau di masyarakat sehingga mampu menciptakan masyarakat yang ramah lingkungan dan minim sampah.po

(by Siti Ridloah).