Workshop Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Publikasi Dosen Jurusan Manajemen Tahun 2021

qSemarang, 15 Februari 2021. Acara di buka oleh bapak Kajur Manajemen Dorojatun Prihandono, Phd dalam sambutannya menyampaikan Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi dosen manajemen pada khususnya karena target tahun ini meningkat dengan target 33 artikel ke Jurnal yang bereputasi (Scopus) artinya, ada dosen yang mendapatkan 2 artikel. Salah satu skema yang dilakukan yaitu melalui program olos yang di ketuai oleh ibu Dr. Dwi Cahyaningdyah, di moderator oleh Ibu Dr. Dwi Cahyaningdyah
Jurusan Manajemen merupakan jurusan dengan kinerja publikasi scopus paling sedikit. Penyampaian Ploting Penelitian yang disampaikan oleh Ibu Nury Ariani, Latar belakang dilakukan ploting tujuannya adalah memastikan setiap dosen memiliki penelitian dan pengabdian setiap tahun, mendorong riset kelompok dosen peminatan dan kegiatan lain (rekreasi keluarga jerusan manajemen).
SKIM PENELITIAN UNNES diantaranya Penelitian Dasar, Penelitian pengembangan, Penelitian penugasan, Penelitian Dosen Pemula (Fakultas). Setiap dosen diwajibkan memiliki 2 publikasi
Strategi publikasi disampaikan oleh Ibu Dr. Vitradesie Noekent, ada 4 strategi yang harus dilakukan adalah Workshop dan konsinyering, Strategi Monitoring, Strategi spesifik bagi dosen perpanjangan tugas, Strategi spesifik bagi dosen tugas/ijin belajar. Target Konsinyering bulan pertama adalah menyiapkan draft artikel dan menyiapkan jurnal tujuan (dibantu dengan mas Angga. Target Konsinyering bulan kedua adalah Paper di submit di Jurnal tujuan. Monitoring sesuai dengan kosentrasi Jurusan Manajemen

PEMBAHASAN TANYA JAWAB PESERTA

Pertanyaan Bayu Wira

  1. Menanyakan user sikadu Bapak wayono bagaimana terkait dosen kontrak? User system di sikadu sudah aktif berdasarkan info di WD2 (Andy W)
  2. Penelitian Pemula kesulitan mencari anggota bagaimana menyikapinya? Disediakan 8 proposal silahkan dapat bebas memilih anggota ataupun merger dengan yang lain untuk menghindari perselisihan (Nury A), diperbolehkan anggota dari mahasiswa dan tendik (Dwi C).
  3. Anggota lebih baik tidak dari satu jurusan bisa dari prodi atau fakultas lain, anggota juga tidak harus dari satu kosentrasi, Purna yang ber NIDK wajib melakukan penelitian dan tetap diplot penelitian termasuk ijin belajar dan tugas belajar (Murwatiningsih).
  4. Mengapa saya (Bayu Wira) dimasukan ke SDM terkait monitoring? Karena pemasaran hanya 2 mentor saja yaitu Pak Dorojatun dan Bu Ida (Dwi C). Seharusnya yang purna dapat dilibatkan dalam mentoring (Murwatiningsih).

Untuk tugas belajar karena kesibukan dan perlu banyak persiapan, untuk melakukan mentoring dirasa masih berat (Rini S, Anindya)

Untuk ijin belajar bersedia untuk mentoring dan tetap diplot penelitian (Endah Prapti)

Kesimpulan

Kita harus enjoy dalam melaksakan tugas yang sudah diberikan. Silakan dapat mengumpulkan artikel dalam bentuk Bahasa Indonesia jurusan akan membantu 50 % dari biaya translate. Tahun lalu target sudah melampaui dengan 16 artikel scopus dan tercapai 21 artikel. Strategi apapun yang sudah dilakukan tidak dapat menghasilkan apapun jika kita tidak melakukannya.

Target 15 April Submit bersama dan pada akhir tahun minimal Accepted di scopus