Deskripsi Kurikulum

No.Mata KuliahDeskripsi
1Pendidikan AgamaMemberikan pemahaman dan keyakinan iman secara dewasa sesuai agama masing-masing,
Memberikan pemahaman sikap terbuka untuk dapat bertoleransi dan berdialog dengan pemeluk berbagai agama, .
2Pendidikan PancasilaMatakuliah ini membahas berbagai fenomena kehidupan bernegara di Indonesia dengan menggunakan pendekatan hermeneutik dan pedagogis. Melalui hermenutika, mahasiswa didorong untuk menampilkan sikap kritis terhadap ideologi Pancasila; melalui pedagogi, mahasiswa dilatih untuk memiliki nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai pengembangan diri yang terkait dengan hubungan intra dan inter personal dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila, yang memiliki tujuan untuk pengembangan martabat, demokratis, dan menjunjung tinggi integritas moral.
3Bahasa InggrisMateri bahasa Inggris untuk bisnis merupakan panduan dari General English dan Basic Business English yang mencakup dasar-dasar pengetahuan bahasa Inggris untuk keperluan berkomunikasi seperti memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dalam konteks bisnis. Selain itu, mahasiswa juga diberikan materi untuk membuat surat lamaran kerja dan bacaan dalam konteks bisnis
4Pengantar EkonomiMemberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentang arti penting ilmu ekonomi dan perananya dalam mengkaji masalah-masalah ekonomi secara bertanggungjawab.
5Pengantar BisnisMata Kuliah ini memberikan bekal pengetahuan, pengertian serta pemahaman kepada para mahasiswa agar menguasai wawasan, ruang lingkup berbagai konsep-konsep bisnis secara profesional dengan menjunjung etika dan tanggungjawab. Konsep bisnis ini diperlukan sebagai bekal dasar untuk mempelajari pengetahuan bisnis yang lebih rinci pada studi lanjutan . Juga diberikan pengetahuan praktis jika diperlukan mahasiswa mampu mengelola bisnis sendiri, membuka lapangan kerja, bertindak efisien dalam kehidupan sehari-hari
6Pengantar ManajemenMateri mata kuliah pengantar manajemen ini membahas konsep-konsep, prinsip-prinsip, teknik-teknik, proses dan sistem manajemen. Dalam aplikasinya menggunakan landasan filosofis, teori dan pembentukan keterampilan profesional berdasarkan kompetensi manajerial, serta tanggung jawab sosial dan etika, baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
7Pengantar AkuntansiMata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, persamaan akuntansi, teknik pemrosesan data akuntansi yang meliputi jurnal, buku besar, worksheet serta dasar penyusunan laporan keuangan baik untuk perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, sehingga dapat menyusun laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur secara jujur dan dapat dipertanggungjawabkan
8Matematika EkonomiMateri mata kuliah statistika ini meliputi Himpunan dan Operasinya, Deret dan Penerapannya dalam Ekonomi, Relasi dan Fungsi, Penerapan Fungsi dalam Ekonomi, Limit, Perhitungan Diferensial dan Penerapannya dalam Ekonomi, Perhitungan Integral dan Penerapannya dalam Ekonomi, Matriks dan Penerapannya dalam Ekonomi dan Program Linier
9Hukum BisnisMata kulian ini dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan-pengetahuan praktis tentang hukum bisnis yang akan dihadapi saat terjun di masyarakat. Mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan yang baru tentang peristiwa-peristiwa hukum bisnis terkini secara terbuka dan terintegrasi secara profesional.
10TIKMatakuliah ini membahas tentang konsep TI manajemen dan sistem komputer khususnya dalam bidang-bidang manajemen serta aplikasi program-program komputer dalam kegiatan manajemen. Kegiatan perkuliahan meliputi kuliah tatap muka, praktikum, browsing, dan searching tentang aplikasi komputer dalam kegiatan manajemen. Selain tatap muka di kelas, mahasiswa melakukan kegiatan praktikum di laboratorium di bawah bimbingan dosen dengan menggunakan modul dan pedoman praktikum. Evaluasi dilakukan melalui evaluasi proses, tes kemampuan dalam TIK, tugas-tugas dan produk software yang terkait aplikasi Manajemen.
11KewirausahaanMata kuliah ini membahas dunia kewirausahaan maupun teori tentang kewirausahaan. Mata kuliah ini mengajak mahasiswa berperan sebagai wirausahawan yang professional dan menjunjung etika dan moral sebagai pelaku di berbagai sektor riil usaha. Mulai dari persiapan sebelum kegiatan usaha dimulai, saat mulai usaha, selama usaha dijalankan, dan menjaga bisnis tetap pada bisnis intinya.
12Pendidikan KewarganegaraanMatakuliah ini menggaris bawahi pentingnya pemahaman akan identitas nasional Indonesia, hak serta kewajiban warga Negara dan kaitannya dengan hak asasi manusia, wawasan nusantara, ketahanan nasional, strategi politik dan strategi nasional lainnya. Juga dibahas tentang bagaimana implementasi pemahaman itu dalam kehidupan bermasyarakat.
13Bahasa Inggris BisnisPenguasaan pengetahuan, pemahaman, dan applikasi Bahasa inggris yang berkaitan dengan bisnis yang mencakupi antara lain komunikasi, menulis, mendengar, dan membaca dalam kontek dunia bisnis.
14StatistikaMata kuliah ini bertujuan untuk memberi pengenalan gagasan dasar Statistika dan menggunakan gagasan dasar statistika untuk memperoleh dan pengumpulan data, penyajian data, penganalisisan data, serta dapat mengembangkannya secara cerdas dan dapat dipertanggungjawabkan dalam penggunaan analisis ini sebagai pengambilan keputusan manajer.
15Manajemen KeuanganMata kuliah ini berkaitan dengan pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill) membuat keputusan investasi dan pendanaan yang tepat agar memaksimalkan nilai perusahaan yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam manajemen keuangan. Melalui kombinasi berbagai metode pengajaran seperti kuliah klasik, studi kasus serta membaca buku teks dan materi lainnya, mahasiswa diharapkan dapat memahami teori dan praktek manajemen keuangan secara komprehensif
16Manajemen Pemasaran Mata Kuliah ini membahas berbagai pengertian dan konsep dasar pemasaran. Materi pembahasan mencakup tahapan proses manajemen pemasaran yang meliputi pemahaman tentang lingkungan, peluang, tantangan dari pesaing dan persaingan dalam pemasaran dengan profesional. Untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar, mata kuliah ini akan disajikan melalui kuliah klasikal, tugas, studi kasus, diskusi, dan ujian.
17Manajemen SDMMata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, wawasan dan keterampilan tentang proses, mekanisme, prosedur dan strategi manajemen sumber daya manusia pada umumnya. Materi pembahasan meliputi: Pentingnya MSDM dalam organisasi, Teori, Konsep, Ruang Lingkup dan Tantangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Peraturan Perundangan dalam Ketenagakerjaan, Analisis Pekerjaan, Perencanaan Sumber Daya Manusia, Rekruitmen, Seleksi dan Penempatan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Sumber Daya Manusia (Trainning dan Development) Penilaian Kinerja, Karir Pegawai, dan Sistem Konpensasi, Manajemen Lingkungan kerja dan Kesehatan Pegawai, Motivasi, produktivitas dan kualitas kerja. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tentang perkembangan kontemporer MSDM di lingkup organisasi bisnis.
18Manajemen OperasiPenguasaan konsep, proses, rencana operasi dan pengendalian transformasi sehingga dapat diimplementasikan dalam operasi perusahaan.
19Pendidikan Lingkungan HidupPerkuliahan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang prinsip-prinsip dasar PLH yang berhubungan dengan konsep dasar PLH, Peran PLH untuk mengantisipasi masalah LH, PLH dalam manajemen, melalui pemahaman teori maupun praktik sederhana sebagai pendalaman wawasan pengetahuan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial..
20Bahasa IndonesiaMata kuliah ini mengkaji : prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, strategi pembelajaran bahasa Indonesia, praktek pembelajaran bahasa Indonesia dan, penilaian bahasa Indonesia SD.
21Statistika EkonomiPemahaman tentang statistik inferensial (pendugaan dan pengujian) terhadap parameter populasi berdasarkan data sampel dan menarik kesimpulan yang bersifat umum (generalisasi), teori peluang; distribusi peluang teoritis; distribusi binomial, poisson dan normal; metode penarikan sampel dan distribusi sampel; pendugaan secara statistik; pengujian parameter populasi; distribusi kai-kuadrat; analisis varians; regresi dan korelasi linear sederhana; dan regresi dan korelasi linear berganda
22Perencanaan BisnisMata kuliah memberikan pemahaman dalam menyusun, menganalisis, dan menilai kelayakan sebuah bisnis dengan ruang lingkup perencanaan bisnis (business plan), implementasi dan evaluasi pasca planning dengan cerdas dan bertanggungjawab.
23Manajemen Lembaga KeuanganMata kuliah Manajemen lembaga Keuangan merupakan pengembangan ilmu manajemen keuangan, yang diaplikasikan untuk pengelolaan lembaga keuangan, termasuk lembaga perbankan, guna mendukung tujuan kelembagaan yang dipersyaratkan oleh masyarakat bisnis dan pemerintah secara profesional dan bertanggug jawab. Adapaun berbagai aspek manajemen kelembagaan yang diaplikasikan pada perusahaan keuangan dan perbankan global/MNC, dan pendanaan jangka pendek (pasar uang) dan pendanaan jangka panjang (pasar modal), nasional maupun internasional. ,memahami fluktuasi valas (kurs nilai tukar), dan manajemen resiko keuangan..
24Bisnis InternasionalMata kuliah ini memberikan pemahaman dan penganalisisan pikiran secara cerdas dan tangguh terhadap konsep perdagangan global, pusat bisnis dunia, faktor politik–teknologi–hukum yang mempengaruhi bisnis internasional, teori –teori perdagangan internasional dan investasi, perubahan mata uang asing, strategi manajemen internasional, strategi memasuki pasar luar negeri, struktur organisasi bisnis internasional, serta pengendalian bisnis internasional.
25Komunikasi BisnisMata kuliah ini memberikan pemahaman dan penganalisisan pikiran secara cerdas dan tangguh terhadap konsep perdagangan global, pusat bisnis dunia, faktor politik–teknologi–hukum yang mempengaruhi bisnis internasional, teori –teori perdagangan internasional dan investasi, perubahan mata uang asing, strategi manajemen internasional, strategi memasuki pasar luar negeri, struktur organisasi bisnis internasional, serta pengendalian bisnis internasional.
26Makro EkonomiMata kuliah ini membahas konsep dasar makro ekonomi yang terdiri atas ruang lingkup makro ekonomi, pendapatan nasional, teori konsumsi, teori investasi, interaksi dengan dunia internasional, uang dan lembaga keuangan, siklus ekonomi, inflasi dan pengangguran, analisis keseimbangan, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan sistem-sistem ekonomi
27Etika BisnisMata kuliah ini memberi gambaran tentang prinsip – prinsip etika bisnis dan implikasinya pada perilaku individu dan pada lingkungan bisnis. Mata kuliah ini juga membahas berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial yang berkaitan dengan isu-isu etika. Adapun konsep etika bisnis yang akan dibahas meliputi pengertian etika bisnis, prinsip – prinsip etika bisnis, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, konsep etika dalam bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan serta konsep etika bisnis dalam pasar bebas.
28Mikro EkonomiMata kuliah ini bertujuan memberikan pengenalan konsep-konsep dasar ekonomi secara mikro. Lingkup bahasan mencakup pemahaman mengenai teori mikro ekonomi, melakukan analisis permintaan dan penawaran, mengetahui perilaku pasar dan produsen serta konsumen. Dan mahasiswa diharapkan memiliki persepsi ekonomi secara mikro untuk lebih menguasai kondisi ekonomi sehingga mampu menjadi ekonom yang cerdas, jujur, dan bertanggungjawab.
29Aplikasi KomputerMata Kuliah Aplikasi Komputer (APLIKOM) merupakan mata kuliah yang memadukan pendekatan konseptual dengan keterampilan dan kemahiran yang berbasis komputerisasi untuk membantu mahasiswa sebagai calon manajer dalam mengoperasionalkan komputer dan membantu penghitungan penggunaan biaya secara transparan, penganalisisan biaya dengan cermat dan pengambilan keputusan dengan menggunakan program microsoft excel . Mata kuliah Aplikasi komputer juga mempelajari penggunaan alat analisis statistik yang berbasis komputer dengan program SPSS yang bermanfaat bagi calon manajer dalam melakukan riset secara profesional.
30Perekonomian IndonesiaMata kuliah ini memberi pemhaman tentang ruang lingkup erekonomian Indonesia yang meliputi sistem ekonomi, pertumbuhanekonomi, struktur perekonomian , perkembangan perekonomian, distribusi pendapatan, pemerataan pembangunan, perdagangan dan pembayaran internasional, konsumsi masyarakat, investasi, pengeluaran pemerintah, industrialisasi, pertanian dan pembangunan daerah yang mengedepankan sifat religius dan nasionalis bangsa Indonesia, jujur, perduli terhadap lingkungan sekitar, demokratis, toleransi tinggi yang didasarkan pada kesantunan dankecerdasan serta tanggung jawab yang tinggi agar ekonomi Indonesia menjadi tangguh.
31EkonometrikaEkonometrika merupakan mata kuliah keahlian alat yang membahas berbagai model estimasi, mata kuliah ini penting bagi mahasiswa program studi ilmu ekonomi, mengingat metode kuantitatif bagi analisis ekonomi tidak kecil peranannya. Pokok bahasan mata kuliah ini meliputi overview analisis regresi, relaksasi asumsi klasik dan topik-topik lanjutan dari ekonometri.
32Manajemen Mutu TerpaduPenguasaan konsep kualitas, TQM, perbaikan dan pengendalian kualitas untuk diterapkan pada organisasi bisnis maupun organisasi publik secara profesional.
33Manajemen ResikoPenguasaan konsep risiko, iIdentifikasi, pengukuran, dan pengendalian risiko dalam menghadapi berbagai risiko di masyarakat.
34Pemasaran GlobalMata Kuliah ini membahas tentang konsep, teori, dan teknik manajemen pemasaran yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan yang ada di pasar Global yang meliputi: lingkungan pemasaran global, membangun kesiapan untuk memasuki pasar global, strategi pemasaran global dan operasi pemasaran global secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.
35Manajemen BiayaMata ajaran ini membahas dan mengaplikasikan konsep-konsep serta teknik-teknik akuntansi manajemen dan biaya yang berkaitan dengan perhitungan harga pokok produksi, pengambilan keputusan, penyusunan anggaran, pengendalian serta pengukuran kinerja secara konseptual dan penerapannya dalam praktek, mengidentifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyajian, penafsiran dan komunikasi informasi dari berbagai elemen entitas bisnis yang bersumber dari data transaksi internal maupun eksternal untuk menunjang manajemen dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan keputusan secara jujur dan bertanggungjawab.
36Manajemen StrategikMata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen strategik yang terdiri atas ruang lingkup manajemen strategik, visi dan misi bisnis, penilaian eksternal, penilaian internal, strategi dalam pelaksanaan, analisis dan pilihan strategi, implementasi strategi (isu-isu manajerial), implementasi strategi (komunilkasi dan isu-isu bidang fungsional), pengendalian dan evaluasi strategi.
37Ekonomi ManajerialMata kuliah ini merupakan aplikasi teori ekonomi, baik ekonomi mikro maupun ekonomi makro dengan memanfaatkan alat bantu berupa ilmu keputusan daam suatu organisasi yang mencakup layanan publik dan yang bergerak dalam bidang bisnis guna mencapai tujuan dengan cara yang paling efisien. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami kompetensi dasar ekonomi manajerial yaitu model pengambilan keputusan, analisis permintaan pasar, teori produksi, teori biaya serta struktur pasar dan strategi penetapan harga.
38Analisis Laporan KeuanganMata kuliah ini membahas konsep dasar dan alat anaisis dalam membaca dan menginterpretasikan laporan keuangan. Pembahasan ditekankan pada pengertian laporan keuangan, neraca, perhitungan laba-rugi, laporan arus kas, analisa horizontal, analisa vertikal, analisa common-size, analisa ratio, dan analisa du-pont.
39Penganggaran PerusahaanSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dasar sistem penganggaran menyeluruh dan mampu melakukan praktik penyusunan budget menyeluruh,budget produksi, budget bahan baku, budget tenaga kerja, budget biaya overhead, budget biayaadministrasi umum, capital budgeting, budget kas, proyeksi laporan keuangan, dan analisis anggaran dengan menjunjung etika dan tanggungjawab moral.
40Teori Pengambilan KeputusanPenguasaan konsep dasar dan aplikasi pengambilan keputusan secara profesional dalam menghadapi masalah–masalah kehidupan sehari–hari maupun kehidupan organisasi.
41Metodologi Penelitian BisnisMata kuliah ini membantu mahasiswa untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan penelitian bisnis-manajemen yang meliputi proses desain riset, menentukan, memperoleh, mengolah, menganalisis, sintesis, dan penyebarluasan data bisnis dan informasi yang relevan untuk kepentingan akademik, maupun pengambilan keputusan bisnis yang tepat yang pada gilirannya mampu memaksimalkan kinerja bisnis. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa menjadi tangguh dalam melakukan penelitian di wilayah bisnis-manajemen dengan tanggung jawab dan kejujuran yang tinggi pada aspek ilmiah.
42Akuntansi ManajemenMata kuliah Akuntansi Manajemen lebih banyak menekankan kepada upaya penyajian informasi bagi kepentingan manajemen dalam pengambilan keputusan kegiatan operasional sehari-hari maupun strategis. Akuntansi Manajemen ini berupaya memberikan pemahaman secara cerdas berkaitan dengan perilaku biaya, analisa titik impas, relevansi biaya untuk pengambilan keputusan taktis, pusat pertanggungjawaban, penilaian kinerja serta transfer pricing
43Manajemen Keuangan LanjutanMata kuliah ini mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan Lembaga Keuangan depositori maupun non depositori baik pengelolaan dana, kredit, asset dan liabilities, serta pengelolaan risiko.
44Perilaku KonsumenMatakuliah Perilaku Konsumen membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen, baik aktivitas fisik maupun aktivitas mental yang cerdas dan tangguh dalam menghadapi dan mengatasi berbagai persoalan yang relevan, tentang perilaku konsumen sebagai user dan penilai dari pengguna produk/jasa. Sehingga berguna bagi manejer pemasaran sebagai dasar untuk merumuskan strategi pemasaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
45Manajemen Pemasaran LanjutanManajemen pemasaran lanjutan membahas tentang manajemen pemasaran lanjutan dari manajemen pemasaran dimana memberikan pemahaman tentang rancangan strategi pemasaran, memahami strategi persaingan serta etika pemasaran dan tanggungjawab sosial bagi masyarakat.
46Perilaku OrganisasionalPerilaku organisasi merupakan mata kuliah yang membantu mahasiswa dalam berperilaku dalam organisasi. Mengetahui karakter individu dan kelompok dalam organisasi akan memudahkan dalam pengambilan keputusan dan menjaga stabilitas organisasi. Out put perilaku yang dihasilkan setelah mahasiswa mempelajari mata kuliah adalah dapat menghasilkan seorang pimpinan yang demokratis, jujur, bertanggung jawab dan cerdas dalam bersikap.
47MSDM lanjutanPenguasaan MSDM global, MSDM Strategis,dan Aplikasi MSDM, untuk mencapai keunggulan bersaing baik nasional maupun internasional
48Ekonomi SyariahMata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bentuk-bentuk akad dan transaksi yang sesuai dengan kaidah syariah islam (fiqih maaliyah) serta bagaimana perlakuan terhadap berbagai transaksi tersebut. Materi yang akan dibahas meliputi kaidah fiqih muamalah (fiqih untuk ekonomi), akad-akad dalam transaksi, kerangka konseptual dan perlakuan akuntansi atas transaksi yang berdasar syari’ah, seperti akuntansi murabahah, salam, istishna, mudharabah, musyarakah, ijarah dan lain lain.
49Sistem Informasi ManajemenMata kuliah ini diperlukan untuk proses manajerial yang membantu dalam pengtambilan keputusan, melalui perencanaan, pengorganisasian, penindakan dan pengendalian terhadap berbagai sumberdaya informasi yang berbasis komputerisasi secara cerdas, sesuai dengan kode etik IT yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan.
50Bahasa Inggris Bisnis Lanjutan (English for manager)Penguasaan pengetahuan, pemahaman, dan applikasi Bahasa inggris yang berkaitan dengan kegiatan manejer dan budaya perusahaan yang mencakupi antara lain komunikasi, menulis, mendengar, dan membaca dalam kontek dunia bisnis
51Manajemen InvestasiMata kuliah ini membahas konsep-konsep dan teori yang dapat menjelaskan bagaimanan menganalisis berbagai alternatif investasi yang tersedia secara cermat, cerdas dan trampil khususnya dalam menganalisis asset finansial yang berupa surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal dan bagaimana membentuk dan mengelola portofolio asset
52Riset KeuanganMata kuliah Riset & Pengembangan Keuangan akan membahas ruang lingkup penelitian keuangan, metodologi riset keuangan, rencana penelitian, pengolahan dan analisis data penelitian dengan menggunakan alat statistik
53Seminar Manajemen KeuanganDeskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang teknik dan keterampilan mempresentasikan hasil riset pada aspek-aspek substansi keuangan berbasis riset serta mengembangkan wawasan dan sikap ilmiah, cerdas, dan bertanggung jawab dalam mengikuti perkembangan seputar konsep dan riset manajemen keuangan.
54Manajemen Keuangan InternasionalMata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dasar manajemen Keuangan Internasional yang menjadi penting sejak maraknya arus globalisasi perekonomian dunia yang menyebabkan perlunya dilakukan reorientasi pengelolaan keuangan perusahaan secara cerdas dan profesional. Mata kuliah ini memberikan pemahaman akan latar belakang perdagangan internasional dan berbagai aspek manajerial dari perspektif korporasi.
55Pasar ModalPerkuliahan ini dirancang untuk memaparkan kemampuan yang akan dibekalkan kepada mahasiswa agar mampu menjelaskan akan pengetahuan dasar investasi di pasar modal. Pemahaman atas perkembangan pasar modal di Indonesia, profesi pendukung pasar modal, fenomena, produk yang ditawarkan , mekanisme perdagangan serta cara menetukan atau melakukan investasi yang baik, bisa dipertanggungjawabkan dan sqling menguntungkan.
56Manajemen Keuangan DaerahMata kuliah ini membantu mahasiswa untuk menguasai konsep pengelolaan keuangan daerah yang meliputi pengelolaan sumber pendanaan, pengeluaran, aset, hutang, investasi dan kemitraan keuangan sehingga mampu meningkatkan kinerja daerah secara optimal dalam koridor otonomi daerah. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan yang tangguh dalam mengelola keuangan daerah secara cerdas, efektif, efisien, transparan, demokratis dan bertanggungjawab.
57Manajemen PerbankanMata kuliah ini mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan perbankan baik pengelolaan dana, kredit, asset dan liabilities, serta pengelolaan risiko. Selain itu juga dipelajari tentang otoritas moneter dan penilaian kesehatan perbankan yang dilakukan oleh Bank Indonesia
59Riset PemasaranMata kuliah Riset & Pengembangan Pemasaran akan membahas ruang lingkup riset pemasaran, metodologi riset pemasaran, rencana penelitian, pengolahan dan analisis data penelitian dengan menggunakan alat statistik
58Pemasaran JasaMatakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep pemasaran jasa, jenis-jenis pemasaran jasa, memahami karakteristik, pengukuran dalam pemasaran jasa, penggunaan strategi dalam pemasaran jasa serta sebagai pengambilan keputusan bagi menajer pemasaran secara cerdas, dan bertanggungjawab.
60Seminar Manajemen PemasaranDeskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang teknik dan keterampilan mempresentasikan hasil riset pada aspek-aspek yang berkenaan dengan pemasaran serta mengembangkan wawasan dan sikap mandiri, tangguh, dan bertanggung jawab dalam mengikuti perkembangan Pemasaran organisasi.
61E-CommerceMata kuliah ini memberikan dasar-dasar e-commerce dan perancangan e-commerce. Materi yang diberikan meliputi konsep-konsep dasar ecommerce, model ecommerce, perancangan ecommerce, hardware, software dan komunikasi, pemasaran internet, keamanan bisnis di internet dan isu-isu legalitas, etika dan sosial yanng berkaitan dengan pemakaian teknologi dalam berbisnis.
62Pemasaran RitelMahasiswa dapat memahami dan menjelaskan secara komprehensif berbagai konsep dasar dalam manajemen pemasaran ritel mulai dari konsep ritel modern dan ritel tradisional. Kemudian mampu menganalisis bauran pemasaran ritel guna keunggulan bersaing kemudian mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam bentuk contoh-contoh konkrit dalam praktek manajemen pemasaran ritel secara tangguh, bertanggung jawab, dan berkarakter konservasi.
63Manajemen DistribusiMata Kuliah ini memberikan suatu pengertian serta pemahaman mengenai bagaimana mengelola saluran distribusi dalam wujud suatu rangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi , dan mahasiswa yang nantinya sebagai calon manajer dapat mengelola saluran distribusi dengan efektif dan efisien sehingga dapat menjembatani antara produsen dan konsumen. Selain konsep dasar saluran distribusi, mahasiswa akan dikenalkan pada konsep Enterprise Resource Planning (ERP), yaitu suatu sistem informasi yang saling terintegrasi di antara beberapa area bisnis yang berlandaskan satu database yang mencakup financial and accounting, plant maintenance, supply and procurement, manufacturing, business intelligence, distribution,logictic, human resources, dan customer relationship management yang nantinya digunakan untuk me-manage suatu saluran distribusi.
64Pengembangan Produk dan MerkDalam mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui serta memahami definisi dari produk dan merk dan selanjutnya bisa mengembangkan produk dan merk tersebut sesuai dengan kondisi atau tingkat persaingan yang dihadapi oleh perusahaan pada saat tersebut,secara umum mahasiswa diharapkan dapat memahami suatu pengertian yang bersifat konseptual dan praktis berkaitan dengan bagaimana suatu produk diperlakukan dan dimanajemeni mulai dari tahap munculnya ide sampai produk tersebut sampai pada tahap komersialisasi dan mengelola produk tersebut supaya dapat bersaing dan bertahan dengan menerapkan kebijakan merek.
65KepemimpinanMata kuliah ini menjelaskan tentang Hakekat Kepemimpinan, Teori Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Kepemimpinan, Kaitan Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi serta Budaya Pembelajar, Kepemimpinan dan Motivasi, Kepemimpinan dan Pemberdayaan pada organisasi
66Riset MSDMMata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang proses riset Manajemen Sumber Daya Manusia, mulai dari menemukan masalah terutama masalah-masalah MSDM yang menuntut kepedulian social didunia kerja, menentukan desain riset, pengumpulan data, belajar melaksanankan pedoman survei kuesioner, teknik analisis data dan penyajian hasil riset yang cerdas dan bertanggungjawab
67Seminar MSDMMatakuliah ini membahas tentang substansi dari pengembangan riset SDM yang berbasis Presentasi, sehingga dibutuhkan kreativitas yang cerdas, inovatif dalam menganalisis, dan mampu mempertanggungjawabkan secara ilmiah dari hasil riset tersebut.
68Manajemen KinerjaManajemen Kinerja merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep dasar kinerja, dinamika pengukuran kinerja, teori kaizen, budaya TQM dan keunggulan kompetitif, manajemen perubahan, pelatihan berbasis kinerja, kepemimpinan yang berjiwa wiraswasta dan TQL, SWOT dan keunggulan bersaing, tim yang berkinerja tinggi dan sukses, profesionalisme dan komitmen. Out put perilaku yang dihasilkan adalah mahasiswa dapat menjadi seorang manajer sekaligus penilai yang adil, jujur dan tanggap terhadap kondisi karyawan.
69Manajemen MotivasiManajemen motivasi merupakan mata kuliah yang membahas tentang pemahaman mengenai teori motivasi yang meliputi general teori, permasalahan motivasi, faktor yang mempengaruhi motivasi, sikap pribadi yang termotivasi dan tidak. Out put perilaku yang dihasilkan adalah mahasiswa dapat memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang santun, tangguh, dan cerdas dalam bersikap.
70Manajemen Lintas BudayaMata kuliah ini memberikan pemahaman pada mahasiswa untuk memahami model dan teori perilaku organisasional dan manajerial dalam perspektif global dan lintas budaya serta memiliki keterampilan dalam bekerja sama dengan karyawan lain yang berasal dari negara lain dengan latar belakang bahasa, budaya, dan cara kerja yang berbeda, dengan tetap menjaga nilai-nilai ,semangat nasionalisme dan bersikap toleran dengan budaya bangsa lain.
71Manajemen KompensasiMemberikan pemahaman dan penguasaan konsep dasar, strategi dan praktek kompensasi untuk memberikan kepuasan kepada seluruh anggota organisasi.
72Bahasa Inggris bisnis lanjutanMemberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengaplikasikan bahasa Inggris yang berkaitan dengan kegiatan manejerial (English for manager)
73Praktik Kerja LapanganMemberikan kesempatan mahasiswa untuk mengamati dan membandingkan antara teori dengan kondisi real di lapangan kerja, melatih mental, pribadi yang tangguh dan mengasah kemampuan serta keterampilan yang di bekali pada mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja melalui program magang (PKL).
74Kuliah Kerja NyataMemberikan kesempatan mahasiswa untuk lebih peduli dengan lingkungan dan masyarakat sebagai wujud tanggungjawab sosialnya. Merangsang kreativitas mahasiswa untuk lebih peka terhadap kebutuhan dan kemajuan masyarakat melalui program kerja yang dirancang pada kegiatanKKN.
75KomprehensifSebagai uji kompetensi mahasiswa atas bidang ilmu yang telah ditempuh. Melihat dan menilai kemampuan menganalisis mahasiswa terhadap situasi ekonomi dan bisnis sebagai pengambil keputusan.
76SkripsiMemberikan pengalaman dalam kajian teoritis yang dituangkan dalam tulisan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya dan kebenarannya.