Masuki Hari Kedua PKKMB, UNNES Hadirkan Sejumlah Tokoh Nasional

Memasuki hari kedua pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Universitas Negeri Semarang (UNNES) turut mengundang sejumlah tokoh nasional pada Kamis (19/8) secara virtual.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyambut baik pelaksanaan hari kedua PKKMB tahun 2021 ini.

Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni UNNES itu, menekankan PKKMB sebagai serangkaian acara yang dilaksanakan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan baik sehingga dapat mendorong mahasiswa menjalani kehidupan perkuliahan secara optimal.

“UNNES memandang bahwa masa peralihan dari kehidupan siswa menjadi mahasiswa merupakan momentum yang sangat strategis untuk mengembangkan karakter dan prestasi. Oleh karena itu, pada momentum ini sengaja kami memperkenalkan mahasiswa baru dengan tokoh-tokoh dan pemikiran yang mampu menginspirasi,” jelasnya.

Di saat yang sama, imbuhnya, UNNES meyakini bahwa peran mahasiswa sangat penting dalam menjaga kebinekaan, kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa. Sebagai generasi muda terdidik, mahasiswa harus memiliki panggilan jiwa untuk berkontribusi menjaga dan memajukan negerinya. Oleh karena itu, sedini mungkin kita perlu tumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab mahasiswa.

Hadir sebagai pemateri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr Sandiaga Salahuddin Uno BBA MBA membawakan paparannya yang berjudul “Strategi Mahasiswa dalam Mengoptimalisasi Peran Budaya Lokal dan Perkembangan Ekonomi di Era Globalisasi”.

Penerima Anugerah Konservasi Upakarti Adhikara Cipta Karya Nusantara itu berharap, mahasiswa UNNES mampu mengambil perannya sebagai agen perubahan yang mendorong perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia tidak dapat terlepas dari generasi muda termasuk mahasiswa sebagai ‘gudang’ kreativitas. Teman-teman mahasiswa baru UNNES sebagai generasi muda adalah sumber daya produktif yang dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha yang juga membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di angkatan kerja produktif. Semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, semakin banyak pula produktifitas yang dihasilkan sehingga berdampak pula pada meningkatnya perkembangan ekonomi nasional,” jelas Menparekraf.

Selain Menparekraf RI, turut hadir pemateri lainnya yakni Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani, Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan DPR RI Dr Ir Sufmi Dasco Ahmad SH MH, dan Koordinator PPI Dunia 2020 – 2021 Choirul Anam SE ME Ak CA.

PKKMB sebagai wadah pengenalan diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa baru UNNES dalam mengenali kebutuhan, tugas, fungsi, dan peranannya sebagai mahasiswa. Secara konsisten, UNNES mendorong mahasiswa dalam upaya peningkatan dan pengembangan kapasitasnya dalam koridor akademik yang unggul dan berkualitas. Sebagai Civilization Development Center, UNNES menyambut baik kehadiran mahasiswa baru tahun 2021 guna membawa kebermanfaatan dan pemberian nilai guna bagi masyarakat, bangsa, dan negara melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X